Tips Memilih Jenis Kaca Yang Tepat untuk Kanopi Rumah

 

Kanopi adalah sejenis bentuk perpanjangan dari atap yang bertujuan untuk melindungi bagian rumah dari sinar matahari atau hujan. Apa saja fungsi kanopi? Jenis material apa yang cocok digunakan untuk kanopi kaca?

Kanopi kaca menjadi solusi bagi pemilik rumah untuk memberi perlindungan di ruang terbuka seperti teras rumah, carport, atau halaman belakang dari paparan sinar matahari atau guyuran hujan.

Penggunaan Kanopi

Pada umumnya kanopi digunakan untuk melindungi bagian rumah seperti:

1. Kanopi kaca untuk teras rumah

Memasang kanopi kaca pada teras rumah dapat memberikan tampilan yang berbeda dan memperkuat konsep arsitektur bangunan. Rumah pun jadi terlihat lebih elegan dengan penggunaan kanopi kaca.

2. Kanopi kaca untuk halaman belakang

Halaman rumah belakang bisa menjadi tempat berkumpulnya keluarga sambil menikmati udara segar. Tentunya Anda ingin berkumpul tanpa harus kepanasan atau kehujanan.

Karena itulah, sebaiknya Anda memasang kanopi kaca agar tetap bisa berkumpul bersama teman atau keluarga dan membuat suasana berkesan lebih bebas tanpa merasa terisolasi.

3. Kanopi kaca untuk carport

Kanopi kaca juga dipasang di area carport untuk melindungi kendaraan dari sinar matahari. Anda bisa menggunakan kaca panasap agar menyerap sinar matahari dan membuat carport lebih sejuk.

Fungsi Kanopi

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari kanopi yaitu:

1. Sebagai pelindung

Kanopi berfungsi sebagai pelindung area terbuka pada rumah yang tidak ditutupi genteng seperti teras atau garasi dari panasnya sinar matahari atau hujan.

Selain itu, kanopi juga dapat melindungi area terbuka dari benda yang jatuh dari ketinggian seperti daun, atau batang pohon yang tertiup angin.

2. Menciptakan suhu udara dan suasana lebih teduh

Kanopi juga dapat menyerap panas dari sinar matahari sehingga membuat suhu udara terasa lebih sejuk, apalagi jika didesain menyerupai atap yang menutupi rumah dengan baik.

3. Melengkapi desain eksterior

Memasang rangka kanopi dengan desain yang unik dapat mempercantik eksterior rumah serta terlihat lebih modern. Kanopi sangat populer untuk sebagai pelengkap atap rumah model minimalis.

4. Menghemat material bangunan bagian atap

Fungsi kanopi yang terakhir adalah untuk menghemat bahan dan biaya dalam membanung rumah. Jika Anda memasang seluruh bagian rumah dengan atap maka jatuhnya akan lebih mahal.

Ada beberapa jenis material yang bisa Anda gunakan untuk kanopi rumah seperti besi, stainless steel, baja ringan, namun lebih disarankan untuk memasang kanopi dengan material kaca.

Kelebihan dan Kekurangan Kanopi Kaca

Kelebihan menggunakan kanopi dengan material kaca adalah:

  • Kaca memiliki daya tahan yang lebih tinggi.
  • Kaca yang memiliki ketebalan yang sesuai tidak akan gampang pecah dan aman untuk digunakan.
  • Tidak hanya melindungi ruang terbuka dari sinar matahari dan hujan tetapi juga memberikan kesan lebih stylish dan minimalis.
  • Cocok digunakan untuk hunian yang membutuhkan pencahayaan alami,
  • Perawatannya sangat mudah, cukup dengan menggunakan pembersih kaca.

Kekurangan menggunakan kanopi dengan material kaca adalah:

  • Harganya relatif lebih mahal.
  • Pemilihan jenis kaca dan ketebalan kaca perlu diperhatikan dengan baik.
  • Membutuhkan ketelitian dan teknik pemasangan yang tepat agar kanopi tidak bocor.

Jenis Kaca yang Sesuai untuk Kanopi

Jenis kaca yang paling sesuai untuk pemasangan kanopi adalah kaca panasap.

Istilah panasap sendiri berasal dari kata "panas hisap" yang memiliki arti yaitu material yang dapat menghisap atau menyerap panas.

Kaca panasap (solar heat absorbing colored glass) adalah jenis kaca yang dapat menyerap panas matahari hingga 60%, sehingga membuat suhu ruangan lebih adem dan nyaman bagi penghuni rumah.

Kemampuan menyerap panas ini berasal dari penambahan logam berwarna seperti selenium, besi, cobalt, dan lainnya ke dalam kaca yang masih berbentuk bahan mentah dan belum diproses.

Ada beberapa pilihan warna yang tersedia untuk kaca panasap seperti dark grey, eurogray, dark blue, green, dan blue green.

Masing-masing warna juga memiliki ketebalan yang berbeda dari 5mm, 6mm, 8mm, dan 12mm.

Selain itu, kaca panasap juga digunakan sebagai dinding kaca, partisi, pintu, dan canopy di bagian eksterior rumah, gedung perkantoran, mal, dan bangunan tinggi lainnya. Kaca panasap juga memberikan kesan yang terlihat lebih mewah.

Berikut adalah beberapa karakteristik dari kaca panasap:

  • Kaca panasap memiliki kemampuan untuk menyerap sebagian panas matahari sampai rata-rata 60% sehingga mengurangi beban energi untuk pendinginan dan menjadikan suhu ruangan menjadi lebih nyaman
  • Kemampuan meneruskan cahaya dari kaca panasap rata-rata 45% lebih rendah dari kaca clear biasa, sehingga cahaya yang menyilaukan dapat dikurangi dan daya tembus pandangnya rendah. Hal ini dapat memberikan kenyamanan bagi penghuni di dalam bangunan
  • Makin tebal kaca panasap, warnanya cenderung semakin gelap dan kemampuan menyerap panasnya semakin tinggi.

Kaca panasap dapat diproses dengan berbagai pilihan dimana yang paling umum adalah melalui proses tempering dan laminating.

Kaca tempered adalah proses pembuatan dimana kaca biasa yang diolah dengan cara melakukan pemanasan dengan suhu yang bisa mencapai 600 derajat celcius dan kemudian didinginkan secara cepat.

Proses pemanasan dan pendinginan secara cepat ini membuat kaca tempered memiliki daya tahan yang lebih baik.

Kaca tempered sangat aman untuk digunakan karena serpihan kaca yang disebabkan karena benturan tidak terlalu tajam.

Potongan kaca yang pecah berbentuk seperti butiran jagung yang tidak berbahaya jika terkena kulit.

Anda juga bisa menggunakan kaca panasap yang dilaminating untuk membuat jenis kanopi  dengan pemasangan secara dobel (atas bawah).

Kanopi dengan kaca laminated juga aman karena jika terjadi benturan, serpihan kaca tetap akan merekat di bagian tengahnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan proses kaca laminated tempered yaitu kaca yang di-tempered terlebih dahulu kemudian dilaminating.

Untuk memasang kanopi kaca, rangka yang digunakan adalah besi hollow kotak seperti galvanis ataupun stainless. Alasannya karena kaca harus dipasang pada permukaan yang rata.

Pemasangan kanopi kaca pada baja ringan tidak bisa dilakukan.

Harga Kanopi Kaca

Harga kanopi kaca berbeda-beda tergantung ketebalan kaca dan jenis kaca yang digunakan. Misalnya saja, untuk jenis kaca tempered, laminated, dan panasap, proses dan lama pengerjaannya tidak sama.

Untuk memproduksi kanopi dengan kaca panasap dengan proses tempered laminated bisa memakan waktu sekitar 2 minggu dari awal proses pengukuran.

Sedangkan untuk memproduksi kaca panasap dengan proses  laminated hanya sekitar 7-10 hari saja.

Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga untuk pemasangan kanopi di rumah Anda.

Penutup

Kaca merupakan material yang cocok digunakan untuk pembuatan kanopi karena memiliki ketahanan yang tinggi.

Sebaiknya memiliki ketebalan kaca yang sesuai agar lebih aman digunakan dan tidak gampang pecah.

Pastikan juga kaca terpasang dengan baik agar menjamin keamanan. Kaca kanopi tidak membutuhkan maintenance yang banyak, cukup menggunakan pembersih kaca biasa untuk membersihkan dari kotoran atau debu.

Dalam pemasangannya, kanopi kaca memerlukan penopang berupa rangka yang bisa terbuat dari besi ataupun baja.

Diperlukan tingkat ketelitian dan kehati-hatian yang sangat tinggi dalam pemasangannya, pastikan Anda  membeli kanopi kaca di agen yang terpercaya.

Horton Glass adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa pemasangan kanopi menggunakan kaca panasap secara profesional.

Kami telah menangani proyek pemasangan kanopi pada area perumahan di Jakarta.

Horton Glass memiliki banyak sekali varian kaca, Anda juga bisa langsung membuat janji untuk melakukan survey dan mengecek sample kaca sesuai dengan yang dibutuhkan.

Ingin tahu lebih lanjut? Silahkan hubungi kami untuk konsultasi.

 

 

Project Inquiry

Fill in the form and we will get back to you as soon as possible.