Bikin Kolam Renang dan Lantai dari Kaca ? Emang Bisa ?

Jenis kaca laminated tempered adalah material yang sangat cocok untuk dinding kolam renang dan lantai kaca (glass floor).

Seiring berkembangnya zaman, konsep kolam renang dan juga lantai yang transparan lebih populer. Nah, berikut adalah penjelasan tentang bagaimana Anda bisa memilih jenis kaca yang tepat untuk dinding kolam renang dan juga lantai (glass floor).

Jenis Kaca yang Cocok untuk Kolam Renang

Saat ini permintaan kolam renang dengan dinding atau lantai kaca semakin meningkat terutama pada area perumahan (residential area).

Horton Glass telah berpengalaman dalam menangani proyek pemasangan kolam renang kaca di hotel, resort, dan rumah-rumah mewah di Jakarta.

Ketika Anda ingin membuat kolam renang kaca, bahan utama yang perlu Anda perhatikan tentunya adalah kaca yang bisa menghasilkan penampilan transparan dan juga memiliki daya tahan yang kuat.

Seperti yang telah disebutkan, ada 2 jenis kaca yang bisa digunakan untuk membangun kolam renang dan lantai kaca yaitu laminated tempered glass

Berikut penjelasan singkat tentang apa itu kaca laminated tempered (laminated tempered glass):

Kaca Laminated Tempered (Laminated Tempered Glass)

Kaca laminated tempered adalah potongan kaca yang telah melalui proses pemanasan dan pendinginan secara cepat yang disebut dengan "tempering", dan kemudian dilaminating menggunakan mesin autoclave dengan lapisan PVB pada bagian tengah.

Jenis kaca ini memiliki ketahanan yang lebih kuat dari kaca biasa sehingga aman untuk digunakan sebagai material kolam renang kaca.

Tahapan Pembuatan Kolam Renang Kaca

Setelah menentukan jenis kaca dan hal yang perlu diperhatikan, berikut adalah tahapan-tahapan dalam membuat kolam renang:

1. Memilih Jenis Kaca untuk Kolam Renang

Anda bisa memilih material laminated tempered glass untuk membuat kolam renang.

Sesuaikan saja dengan selera, kebutuhan, dan berapa budget yang Anda miliki. Pastikan ketebalan kaca sesuai dengan luas bidang.

Semakin luas area kolam renang, maka semakin tebal pula kaca yang diperlukan. Contohnya saja untuk kolam renang rumah dengan lebar 3m, disarankan untuk menggunakan kaca laminated tempered berlapis 3 dengan ketebalan masing-masing lapisan 12mm.

2. Membangun Konstruksi Dasar Kolam

Tahapan selanjutnya adalah melakukan konstruksi dasar kolam. Kolam renang dengan lantai kaca transparan dapat dipasang terlebih dahulu.

Yang penting laminated tempered glass yang digunakan terpasang secara benar dan merekat kuat agar aman dari bocor.

3. Membangun Dinding Kolam

Faktor keamanan juga harus diperhatikan ketika melakukan pemasangan pada dinding kolam. Sebaiknya dinding kaca dilapisi sebanyak 2-4 kali sehingga benar-benar kuat dan anti bocor.

Ketika menaruh perekat pada kaca dinding juga harus dilakukan secara teliti agar kaca melekat sempurna dan tidak ada bekas perekat yang terlihat.

Harga Kolam Renang Kaca

Proses dan material yang dibutuhkan untuk membuat kolam renang kaca jauh lebih rumit dari kolam renang biasa.

Meskipun begitu, Anda dapat menikmati desain kolam renang yang elegan dan mewah.

Anda bisa menghubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut tentang desain dan spesifikasi kolam renang dari kaca.

Konsep Kolam Renang yang Menggunakan Kaca

Berikut ini adalah beberapa konsep kolam renang dengan menggunakan kaca laminated tempered:

  1. Infinity Pool: Desain kolam renang ini menggunakan material kaca pada bagian dindingnya agar terlihat memiliki efek seperti tanpa batas.
  2. Rooftop Pool: Konsep kolam renang yang menggunakan laminated tempered glass sebagai bahan untuk membuat lantai dasar.

Jenis Kaca untuk Lantai (Glass Floor)

Jika Anda ingin membuat lantai kaca (glass floor), hal yang harus diperhatikan adalah kekuatan dan daya tahan materialnya. Jenis kaca yang paling cocok untuk lantai adalah dengan menggunakan laminated tempered glass.

Kaca laminated tempered glass memiliki 2 lapisan kaca tempered dengan lapisan plastik film di antaranya. Jenis kaca ini hanya akan mengalami retak jika terjadi benturan sehingga jauh lebih aman. 

Selain itu, kaca laminated tempered juga memiliki keunggulan sebagai kaca anti peluru.

Beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk menentukan kaca laminated tempered untuk lantai adalah:

  1. Tebal Kaca

Untuk menentukan ketebalan kaca dan PVB film, besaran beban yang dibutuhkan tergantung dengan beban dan juga dimensi kaca.

Sebagai contoh kaca laminated tempered dengan 3 lapis kaca 12mm + PVB film 1,52mm (tebal 1 lembar pvb = 0.38mm), disarankan dipakai untuk lantai kaca dengan ukuran kaca 100cm x 100cm dan tumpuan 4 sisi keliling dengan design load 300kg/m2 (± 4 orang berdiri atau berjalan di atas lantai kaca).

Struktur yang digunakan untuk menumpu lantai kaca bisa dengan menggunakan beton bertulang atau baja.

  1. Jika Tidak Ingin Terlihat Transparan

Kaca laminated bisa tergores jika bersentuhan dengan material lain seperti beton dan baja. Agar terhindar dari goresan, bisa menggunakan bahan lembut sebagai bantalan, seperti karet neoprene.

Jika Anda tidak ingin lantai terlihat terlalu transparan atau memantulkan cahaya lampu, maka laminated tempered glass yang digunakan diganti dengan PVB white ice atau sandblasted untuk efek siluet.

Salah satu contoh proyek yang telah kami kerjakan adalah lantai kaca di Taman Safari.

Kesimpulan

Tren kaca untuk desain interior, arsitektur, maupun konstruksi bangunan semakin diminati.

Karena itu, memilih material kaca yang tepat sesuai dengan kegunaannya dapat menambah keindahan penampilan secara aesthetic.

Jenis kaca yang dapat digunakan untuk membuat kolam renang dan lantai adalah laminated tempered glass. Keduanya memiliki kekuatan dan daya tahan yang sehingga aman digunakan.

Tertarik untuk memasang kaca untuk kolam renang atau lantai rumah Anda? Anda bisa melakukan konsultasi dengan kami  untuk memilih kaca yang cocok dan aman, misalnya dalam menentukan ketebalan dan juga pemasangan yang optimal.

Horton Glass menyediakan jasa pemasangan segala jenis kaca untuk perumahan, toko, dan juga bangunan komersial. Silahkan hubungi kami melalui telpon atau whatsapp +62 813-8232-2993 untuk konsultasi lebih lanjut.

 

Project Inquiry

Fill in the form and we will get back to you as soon as possible.